SMART PROJECT

SMART Project For Students

OSIS

Organisasi SISWA

SMA TERBUKA

SMA Terbuka SMAN 1 Tajurhalang

Kurikulum

KURIKULUM

Berdasarkan uraian di atas, SMA Taruna Andigha mencoba mengembangkan Kurikulum SMA Taruna Andigha Bogor melalui tim pengembang kurikulum yang ditugaskan sesuai SK Kepala SMA Taruna Andigha Bogor.

  1. LANDASAN HUKUM

 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Wewenang antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah;
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh Pemerintah Daerah;
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan;
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian;
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah;
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
  13. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
  14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 64 Tahun 2014 tentang Peminatan pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
  15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 68 Tahun 2014 tentang Peran Guru TIK dan KKPI;
  16. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
  17. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
  18. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
  19. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 53 Tahun 2015 tentang Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah;

 

 TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN

 TUJUAN PENDIDIKAN MENENGAH

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan nasional menyatakan bahwa pendidikan  nasionalberfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,.

Tujuan pendidikan menengah adalah  untuk mengembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 VISI SMA TARUNA ANDIGHA

Terciptanya Sumber Daya Manusia yang tangguh dan siap berkompetisi pada era globalisasi dengan pengusaan IPTEK dan IMTAQ yang seimbang.

MISI SMA TARUNA ANDIGHA

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dengan membina SDM yang kreatif, inovatif ahlak mulia, dan dinamis untuk menjadi yang terbaik;
  2. Menekankan peserta didik dalam penguasaan IPTEK  terutama bidang informasi Matematika, Komputer dan Bahasa Inggris serta Bahasa Asing lainnya;
  3. Menumbuhkembangkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan sikap sportif dikalangan peserta didik dalam berkompetinsi meraih prestasi.
  4. Menyiapkan peserta didik dalam mengembangkan ilmunya agar mampu bersaing dalam dunia kerja dan siap berkembang secara mandiri;
  5. Mengembangkan Sumber daya Manusia yang memiliki keimanan dan ke taqwaan, berbudi pekerti luhur dan komitmen terhadap perjuangan menegakkan keberanian dan keadilan;
  6. Menciptakan lulusan agar menjadi aset dalam keluarga, bermanfaat bagi nusa dan bangsa serta cinta terhadap Almamater.

 

TUJUAN SMA TARUNA ANDIGHA

Meningkatkan  kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan Pendidikan lebih lanjut  dan dapat diserap diberbagai Perguruan Tinggi.

Secara rinci tujuan  SMA Taruna Andigha memiliki tujuan  antara lain:

  1. Beperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja;
  2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan dan  memperbaiki kekurangannya;
  3. Menunjukan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas prilaku, perbuatan, dan pekerjaannya;
  4. Berpatisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial;
  5. Menghargai keberagamaan agama, bangsa, suku ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global;
  6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreaktif, dan inovatif;
  7. Menunjukan kemampuan berpikir logis, kritis, kreaktif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan;
  8. Menunjukan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk perberdayaan diri;
  9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik;
  10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleksitas;
  11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial;
  12. Memanfatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab;
  13. Berpatisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara demoktratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  14. Mengepresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya;
  15. Mengepresiasikan karya seni dan budaya;
  16. Menghasilkan karya kreaktifitas, baik individual maupun kelompok;
  17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan;
  18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun dan membudayakan slogan, Senyum, Sapa, Sahabat (3S);
  19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat;
  20. Menghargai adanya perbedaan dan berempati terhadap orang lain;
  21. Menunjukan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis;
  22. Menunjukan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris;
  23. Menguasai pengetahuan yang di perlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi.

Tujuan Strategis (5 T)

Dalam rangka pencapaian visi dan misi SMA Taruna Andigha Kota Bogor memiliki tujuan strategis sebagai berikut:

  1. Tersedia dan terjangkaunya layanan pendidikan berkarakter.
  2. Terlaksannya pelayanan pembelajaran berbasis TIK.
  3. Tersedia dan terjangkaunya pembelajaran yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan era global.
  4. Terjaminnya pendidikan lingkungan hidup.
  5. Tersedianya sistem manajemen yang handal dalam menjamin terselenggaranya layanan pendidikan.

Sasaran Strategi

  1. Sasaran strategi untuk mencapai T1
    1. Seluruh guru mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran yang diampu, meliputi 30 macam karakter, yaitu:
  • Religius
  • Percaya diri
  • Patuh pada aturan-aturan sosial
  • Menghargai keberagaman
  • Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
  • Mandiri
  • Nasionalis
  • Menghargai karya dan prestasi orang lain
  • Bertanggung jawab
  • Bergaya hidup sehat
  • Santun
  • Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
  • Jujur
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Demokratis
  • Peduli sosial dan lingkungan
  • Ingin tahu
  • Cinta ilmu
  • Berjiwa wirausaha
  • Konasi (kemauan untuk bertindak)
  • Cermat dan teliti
  • Sederhana
  • Objektif
  • Tekun
  • Terbuka
  • Mampu bekerjasama
  • Empati
  • Empiris
  • Peduli terhadap keselamatan kerja

Seluruh kegiatan pengembangan diri mengintegrasikan pendidikan karakter.

Sasaran strategi untuk mencapai T2

  1. Sekurang-kurangnya 75% siswa kelas X menggunakan TIK dalam pembelajaran;
  2. 95% siswa Kelas XI dan XII menggunakan TIK dalam pembelajaran
  3. Sasaran strategi untuk mencapai T3
  4. Sekurang-kurangnya 55% guru telah memanfaatkan sarana prasarana yang ada di sekolah sebagai sumber belajar.
  5. Sekurang-kurangnya 55% guru telah membahas isu lokal dan isu global dalam pembelajaran yang diampu.
  6. Sekurang-kurangnya 75% guru telah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentik.

Sasaran strategi untuk mencapai T4

  1. Sekurang-kurangnya 75% guru mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam mata pelajaran yang diampu, meliputi kegiatan pelestarian lingkungan, pencegahan kerusakan lingkungan, dan pencegahan pencemaran, dengan isu lokal tentang keanekaragaman hayati di kota Bogor, dan pemanasan global sebagai iso global.
  2. 100% siswa Kelas XI, dan XII mengikuti mata pelajaran muatan lokal PLH.
  3. Sekurang-kurangnya 55% pengajar mulok PLH telah mengikuti pelatihan sekolah sobat bumi.
  4. Sekurang-kurangnya 4 macam penghematan sumber daya alam.
  5. Sekurang-kurangnya menjalin kerjasama dengan 3 pihak lain dalam melaksanakan kegiatan penyelamatan lingkungan dan penyediaan sarana prasarana ramah lingkungan.
  6. Sekurang-kurangnya 4 sarana prasarana yang ramah lingkungan.

Sasaran strategi untuk mencapai T5

  1. Akuntabilitas kinerja sekolah sekurang-kurangnya baik.
  2. Penjaminan mutu sekurang-kurangnya dilakukan sekolah bekerjasama dengan pihak lain yang berkompeten.

  

STRUKTUR KURIKULUM  DAN MUATAN KURIKULUM

  1. STRUKTUR KURIKULUM

Struktur Kurikulum SMA Taruna Andigha Kota Bogor meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam  satu  jenjang  pendidikan  selama 3 (tiga) tahun mulai kelas X, XI dan sampai dengan kelas XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan  Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Kompetensi mata pelajaran.

Pengorganisasian kelas-kelas pada SMA Taruna Andigha Kota Bogor dibagi kedalam dua kelompok, yaitu kelas X, kelas XI dan XII meliputi program  (1) Program Ilmu Pengetahuan Alam  (IPA) dan (2) Program Ilmu Pengetahuan  Sosial (IPS).

STRUKTUR KURIKULUM 2013 KELAS X

Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

 

No. KOMPONEN JML JAM  PER MINGGU JML TAMBAHAN JAM PERMINGGU JML JAM PER MINGGU KET
SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2  
Kelompok A (Umum)
1 Pendidikan Agama 3 3 3 3
2 Pendidikan kewarganegaraan 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 4 4
4 Matematika 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 2 2 2 2
6 Bahasa Inggris 4 4 4 4
Kelompok B (Umum)
7 Seni Budaya 2 2 2 2
8 Penjas Orkes 3 3 3 3
9 Prakarya dan Kewirausahaan 2 2 2 2
10 Bahasa Sunda 2 2 2 2
Kelompok C (Peminatan) IPA
11 Matematika 3 3 3
12 Biologi 4 4 4 4
13 Fisika 3 3 3 3
14 Kimia 4 4 4 4
Lintas Minat
15 Ekonomi 3 3 3 3
16 Sosiologi 3 3 3 3
Jumlah Jam Per Minggu 46 46 46 46
Kurikulum Plus
17 BTQ 2 2 2 2
18 TIK Aplikasi 2 2 2 2
19 English Conversation 2 2 2 2
Jumlah Jam Per Minggu 6 6 6 6
Jumlah Total Jam Per Minggu 52 52 52 52

 

 

Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

No. KOMPONEN JML JAM  PER MINGGU JML TAMBAHAN JAM PERMINGGU JML JAM PER MINGGU KET
SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2  
Kelompok A (Umum)
1 Pendidikan Agama 3 3 3 3
2 Pendidikan kewarganegaraan 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 4 4
4 Matematika 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 2 2 2 2
6 Bahasa Inggris 4 4 4 4
Kelompok B (Umum)
7 Seni Budaya 2 2 2 2
8 Penjas Orkes 3 3 3 3
9 Prakarya dan Kewirausahaan 2 2 2 2
10 Bahasa Sunda 2 2 2 2
Kelompok C (Peminatan) IPA
11 Geografi 4 4 4 4
12 Sejarah 3 3 3 3
13 Sosiologi 3 3 3 3
14 Ekonomi 4 4 4 4
Lintas Minat
15 Biologi 3 3 3 3
16 Fisika 3 3 3 3
Jumlah Jam Per Minggu 46 46 46 46
Kurikulum Plus
17 BTQ 2 2 2 2
18 TIK Aplikasi 2 2 2 2
19 English Conversation 2 2 2 2
Jumlah Jam Per Minggu 6 6 6 6
Jumlah Total Jam Per Minggu 52 52 52 52

STRUKTUR KURIKULUM KELAS XI IPA

 

No. KOMPONEN JML JAM  PER MINGGU JML TAMBAHAN JAM PERMINGGU JML JAM PER MINGGU KET
SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2  
A Mata Pelajaran
1 Pendidikan Agama 2 2 2 2
2 Pendidikan kewarganegaraan 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 4 4
4 Bahasa Inggris 4 4 4 4
5 Matematika 4 4 2 2 6 6
6 Fisika 4 4 1 1 5 5
7 Biologi 4 4 1 1 5 5
8 Kimia 4 4 1 1 5 5
9 Sejarah 1 1 1 1 2 2
10 Seni Budaya 2 2 2 2
11 Pendidikan jasmani,Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2
12 Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 2
13 Keterampilan/Bhs. Asing/Jepang/Mandarin 2 2 2 2
B Muatan Lokal
14 Bahasa sunda 2 2 2 2
15 Pendidikan Lingkungan Hidup 1 1 1 1
Jumlah Jam Per Minggu 40 40 6 6 46 46  
C Pengembangan Diri *)
16 BP/BK 2 2 2 2
D Kurikulum Plus
17 Budi Pekerti/Etika Moral/BTQ 2 2 2 2
18 English Conversation 2 2 2 2
19 TIK Aplikasi 2 2 2 2
Jumlah Jam Per Minggu 8 8 8 8
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

 

STRUKTUR KURIKULUM KELAS XI IPS

No. KOMPONEN JML JAM  PER MINGGU JML TAMBAHAN JAM PERMINGGU JML JAM PER MINGGU KET
SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2
A Mata Pelajaran
1 Pendidikan Agama 2 2 2 2
2 Pendidikan kewarganegaraan 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 2 2 6 6
4 Bahasa Inggris 4 4 4 4
5 Matematika 4 4 4 4
6 Sejarah 3 3 3 3
7 Geografi 2 2 4 4
8 Ekonomi/Akuntansi 4 4 2 2 6 6
9 Sosiologi 3 3 1 1 4 4
10 Seni Budaya 2 2 2 2
11 Pendidikan jasmani,Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2
12 Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 2
13 Keterampilan/Bhs. Asing/Jepang/Mandarin 2 2 2 2
B Muatan Lokal
14 Bahasa sunda 2 2 2 2
15 Pendidikan Lingkungan Hidup 1 1 1 1
Jumlah Jam Per Minggu 41 41 5 5 46 46  
C Pengembangan Diri *)
16 BP/BK 2 2 2 2
D Kurikulum Plus
17 Budi Pekerti/Etika Moral/BTQ 2 2 2 2
18 English Conversation 2 2 2 2
19 TIK Aplikasi 2 2 2 2
Jumlah Jam Per Minggu 8 8 8 8
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

STRUKTUR KURIKULUM KELAS XII IPA

No. KOMPONEN JML JAM  PER MINGGU JML TAMBAHAN JAM PERMINGGU JML JAM PER MINGGU KET
SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2
A Mata Pelajaran
1 Pendidikan Agama 2 2 2 2
2 Pendidikan kewarganegaraan 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 4 4
4 Bahasa Inggris 4 4 4 4
5 Matematika 4 4 2 2 6 6
6 Fisika 4 4 1 1 5 5
7 Biologi 4 4 1 1 5 5
8 Kimia 4 4 1 1 5 5
9 Sejarah 1 1 1 1 2 2
10 Seni Budaya 2 2 2 2
11 Pendidikan jasmani,Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2
12 Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 2
13 Keterampilan/Bhs. Asing/Jepang/Mandarin 2 2 2 2
B Muatan Lokal
14 Bahasa sunda 2 2 2 2
15 Pendidikan Lingkungan Hidup 1 1 1 1
Jumlah Jam Per Minggu 40 40 6 6 46 46
C Pengembangan Diri *)
16 BP/BK 2 2 2 2
D Kurikulum Plus
17 Budi Pekerti/Etika Moral/BTQ 2 2 2 2
18 English Conversation 2 2 2 2
19 TIK Aplikasi 2 2 2 2
Jumlah Jam Per Minggu 8 8 8 8
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

 

 STRUKTUR KURIKULUM KELAS XII IPS

No. KOMPONEN JML JAM  PER MINGGU JML TAMBAHAN JAM PERMINGGU JML JAM PER MINGGU KET
SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2 SMT 1 SMT 2
A Mata Pelajaran
1 Pendidikan Agama 2 2 2 2
2 Pendidikan kewarganegaraan 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 4 4
4 Bahasa Inggris 4 4 4 4
5 Matematika 4 4 2 2 6 6
6 Sejarah 3 3 3 3
7 Geografi 2 2 4 4
8 Ekonomi/Akuntansi 4 4 2 2 6 6
9 Sosiologi 3 3 1 1 4 4
10 Seni Budaya 2 2 2 2
11 Pendidikan jasmani,Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2
12 Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 2
13 Keterampilan/Bhs. Asing/Jepang/Mandarin 2 2 2 2
B Muatan Lokal
14 Bahasa sunda 2 2 2 2
15 Pendidikan Lingkungan Hidup 1 1 1 1
Jumlah Jam Per Minggu 41 41 5 5 46 46
C Pengembangan Diri *)
16 Budi Pekerti/Etika Moral/BTQ 2 2 2 2
17 English Conversation 2 2 2 2
18 TIK Aplikasi 2 2 2 2
19 BP/BK 2 2 2 2
Jumlah Jam Per Minggu 8 8 8 8
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

 

Mata Pelajaran yang diberikan  khusus di SMA Taruna Andigha Kota Bogor sebagai ciri khas pada tahun pelajaran 2017/2018 adalah :

  1. Pelajaran Etika Moral/ Budi Pekerti atau Estetika kepada seluruh siswa kelas X, XI, dan XII;
  2. Engglish conversation diberikan kepada seluruh siswa kelas X, XI, dan XII ;
  3. Matematika Aplikasi diberikan kepada seluruh siswa kelas XI dan XII ;
  4. TIK Aplikasi diberikan kepada seluruh siswa kelas X, XI, dan XII
  5. Bahasa Asing yang diajarkan adalah Bahasa Jepang bagi seluruh siswa Kelas XI dan XII.

Penambahan bobot jam pelajaran didasarkan atas analisis SK/KD untuk beberapa pelajaran dan kebutuhan SMA Taruna Andigha Kota Bogor dalam meningkatkan pencapaian tujuan sebagai berikut :

  1. Peningkatan dan pembekalan bagi peserta didik dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan dibidang Etika moral adalah dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketawaan terhadap peserta didik;
  2. Pemenuhan kebutuhan siswa yang secara umum hampir 90 % memiliki minat masuk jurusan IPA sehingga untuk mata pelajaran IPA perlu diberikan jam tambahan mengingat pelajaran IPA banyak diminati oleh siswa;
  3. Pemenuhan kebutuhan siswa yang memilih program IPS diarahkan pada pencapaian kebutuhan siswa dalam mengikuti seleksi memasuki Perguruan Tinggi Negeri dipandang perlu pada mata pelajaran IPS dilakukan penambahan jam pelajaran;
  4. Penambahan jam matematika diberika kepada seluruh siswa dan tingkatan karena secara umum mata pelajaran matematika sangat diperlukan dalam peningkatan kompetensi siswa untuk semua jurusan.

Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka nper jam pelajaran di SMA Taruna Andigha Bogor berlangsung selama 45 menit dan Alokasi waktu pelajaran disusun dengan mempertimbangakan kondisi sekolah.

Berdasarkan  pertimbangan di atas maka pembagian untuk penambahan jam diatur sebagai berikut :

  1. Untuk Mata Pelajaran Fisika, Biologi dan Kimia di semua tingkatan baik kelas XI dan XII dilakukan penambahan jam  pelajara masing – masing 1 jam, hal ini  karena sekolah ingin meningkatkan nilai UN dengan capaian  memuaskan ;
  2. Untuk Mata Pelajaran, Georafi dan Sosiologi di semua tingkatan baik kelas XI dan XII dilakukan penambahan jam pelajara masing – masing 1 jam,  kecuali mata pelajaran Ekonomi/Akuntansi diberikan 2 jam pelajaran, hal ini  karena sekolah ingin memberikan bekal kompetensi Akuntansi sehingga peserta didik dapat diserap didunia kerja dan perguran tinggi negeri serta mendongkrak nilai UN dengan capaian  memuaskan .

Struktur Kurikulum di SMA Taruna Andigha Kota Bogor memuat kelompok mata pelajaran yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,  yaitu :

  1. Kelompok mata Pelajaran Agama dan Akhlak mulia;
  2. Kelompok mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian;
  3. Kelompok mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
  4. Kelompok mata Pelajaran Estetika;
  5. Kelompok mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

 

Muatan KTSP

Kurikulum SMA Taruna Andigha Kota Bogor  meliputi : Mata Pelajaran, Muatan Lokal, Kegiatan Pengembangan diri, Pengaturan beban belajar, Ketuntasan belajar, Kreteria Kenaikan Kelas dan Lulusan, Kriteria Penjurusan, Pendidikan Kecakapan hidup, dan Pendidikan berbasis keunggulan Lokal dan global.

  1. MATA PELAJARAN

Pelaksanaan Pendidikan di SMA Taruna Andigha Kota  Bogor tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan kurikulum 2013 untuk kelas X, dan kurikulum 2006 untuk kelas XI dan kelas XII.

Penggorganisasian kelas meliputi kelas X yang merupakan programPeminatan  dan kelas XI dan XII meliputi program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Mata pelajaran terdiri dari mata pelajaran wajib dan mata pelajaran pilihan sebagai berikut:

  1. Mata Pelajaran wajib: Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Penjas, Seni & Budaya, dan Teknologi Informasi Komunikasi.
  2. Mata Pelajaran pilihan: Bahasa Asing (pilihan mata pelajaran ini dimungkinkan dengan adanya sumber daya manusia yang memadai dan tuntutan di era globalisasi).
  3. Pembelajaran setiap mata pelajaran dilaksanakan dalam suasana yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat antara peserta didik dan pendidik.
  4. Metode pembelajaran diarahkan berpusat pada peserta didik. Guru sebagai fasilitator mendorong peserta didik agar mampu belajar secara aktif, baik fisik maupun mental. Selain itu, dalam pencapaian setiap kompetensi pada masing-masing mata pelajaran diberikan secara kontekstual dengan memperhatikan perkembangan kekinian dari berbagai aspek kehidupan.

 

  1. MUATAN LOKAL

Letak geografis SMA Taruna Andigha Bogor yang berada di wilayah kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Propinsi Jawa Barat  akan banyak memberi warna terhadap proses pembelajaran  di kelas. Oleh karena itu, Muatan Lokal yang dipilih adalah yang berkaitan dengan kondisi budaya sekolah yang mengimplentasikan terciptanya sumberdaya manusia yang tangguh dan siap bekompetensi pada era globalisasi dengan penguasaan IPTEK dan IMTAQ yaitu mata pelajaran yang mendukung Pendidikan Agama dan ahlak mulia, serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dengan melestarikan budaya Jawa Barat, yaitu;PLH, English Conversation, TIK Aplikasi. Selain itu untuk melestarikan budaya Jawa Barat yaitu Bahasa sunda.

Program Muatan Lokal disusun atas keputusan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat tentang Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda dan Pendidikan Lingkungan Hidup. Berikut ini adalah program Muatan Lokal yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik.

  1. Kelompok Mata Pelajaran

Kelompok Mata Pelajaran berdasarkan standar isi   :

  1. Kelompok mata Pelajaran Agama dan Akhlak mulia;
  2. Kelompok mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian;
  3. Kelompok mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
  4. Kelompok mata Pelajaran Estetika;
  5. Kelompok mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan